Bersyukur Dengan Melihat Fenomena SekitaR

Kalo ada temen lagi sedih, pengen ngehibur tu pasti. Beneran deh, sumpah. Lebih bagus lagi kalo sekalian bisa ngambil pelajaran dan bersyukur. Whoop. Bukan berarti kita bersyukur karna temen lagi sedih, nggak lah.... (sadis banget). Maksudnya bersyukur dengan mengetahui kenyataan kalo kita nggak ada di posisi seperti yang dialamin orang lain, ato bersyukur dalam hal lain.
Barusan-barusan ini ada temen yang lagi jumpur (baca: down to the bottom of the earth, minjem istilahnya y mas yang punya istilah). Gara-garanya dia berantem sama pcarnya, minta putus, tapi sebenernya dia nggak pengen putus. Sayangnya si pacar mengamini dan ahirnya mreka diambang putus. Otomatis kita, temen-temen se-spesies yang sering bareng ke mana-mini , coba ngehibur. Caranya macem-macem, dari nepuk-nepuk punggung pas dia nangis, ngajakin hang out, sampe marah-marahin dia gara-gara nggak bisa positif thinking dikiiiit aja (ksian banget, udah jumpur, kena marah pula). Tapi teman (buat tmen yang lagi dibicarain kalo misal dia baca, hehehe), kita tu beneran nggak niat marahin ato bikin tambah kesel, juga bukan berarti kita nggak ngerti. Itu semua tuh nggak lain dan nggak bukan karna kia tahu dan YAKIN sejuta persen kalo kamu bisa, ASAL, kamu mau berusaha buat mikir positif. Kita juga nyumbang deh kemungkinan-kemungkinan positif. Bahkan kemungkinan yang paling nggak mungkin sekalipun, hohohoh (peace!)
Emang ngomong lebih gampang. Jauuuuuuh lebihnya, kaya nilai A sama nilai E. Coba kita yang ngalamin sendiri, misal kita lagi ada masalah yang bikin pikiran judek bunek keruh sekeruh keruhnya dan jumpur sejumpur jumpurnya, pasti susah banget mikir yang iya-iya. Adanya muncul di pikiran tuh kemungkinan-kemungkinan yang nggak kita inginkan, ato perasaan kesel sama orang yang bikin jumpur , DAN cenderung menyalahkan orang laen alias cari-cari pembenaran buat diri sendiri. Nggak papa, orang banget kok, manusiawati (penulis adalah cewe, red). Yang kudu diatur itu porsinya. Susah berpikir positif bukan berarti nggak mungkin untuk berpikir positif kan. Paling nggak di antara 2 kemungkinan negatif ada 1 kemungkinan positif di benak kita. Hmmmmm... susah yah? Diskon deh, diantara 4 kemungkinan negatif, kudu diusahain seenggaknya 1 kemungkinan positif.
Berlaku juga buat kamu BIN! Kalo suatu saat kamu jumpur, ntah karna apa, mending baca-baca tulisan gini, ato bikin blog lagi, yang jelas sibukin diri. Cauton! Melow musti diremove to vault. Keep in mind: “NGGAK ADA YANG NGGAK MUNGKIN”. Bukan iklan ni, ada garansinya, Dia yang naruh matahari, Dia yang nyampur warna-warni di langit senja, Dia yang ngasi rasa jumpur. Pas lagi jumpur emang berat rasanya, banget. Dan kadar berat nggaknya tergantung kita, mau terus jumpur ato mau moving forward. Yang pasti, rasanya enak banget kalo bisa diluapin, ntah dengan merenung alias kontemplasi (yang enak di tempat terbuka nan ayem), tereak-tereak (di gunung, di laut, di aer terjun, ato di tempat karaoke) , bahkan nangis.
Satu lagi. Temen curhat. Penting banget buat nyari orang YANG BISA DIPERCAYA buat temen curhat. Pertama, beban, nyesek, sumpek di ati bisa agak legaan kalo udah dicritain. Kedua, bakal lebih legaan kalo sekalian ngungkapin apa yang kita rasain, ntah sebel, ntah nyesel, ntah kecewa, ato nyumpahin orang yang punya peran di cerita kita (kalo di artikel-artikel religi, mending mendoakan yang baek-baek aja biar nyadar gitu orangnya). Ketiga, orang lein yang nggak bersangkutan sama masalah kita bakal bisa berfikir lebih jernih, lebih cerdas, dan lebih bijak (nilai kuliah ato sekolah nggak ngaruh. Yang dapet A++ aja bisa jadi payah banget ngerjain ujian hidup) buat ngasi saran ato ngeliat masalah kita secara logis, ekonomis, nggak esmosis.
Most of all, perbanyak bersyukur. Yang satu itu ampuh banget buat ngurangin negative thinking. ^^

Comments

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?