BERKAT TUGAS LOT (Part 2, Coban Jahe, Tumpang, Malang


Foto sebelah diambil pas qt mau naek. Masih pada seger.

Lanjutan dari “Berkat Tugas LOT”, Coban Jahe ini salah satu penemuannya kita waktu nyari mitos sama legenda. Kaya’ coban-coban yang lain, sebenernya ini juga air terjun biasa, cuman tempatnya masih pristine banget. Di hutan pula. Banyak sih coban di Malang, Coban Rondo yang udah jadi tempat wisata, Coban Talun (belom pernah ke sana), Coban Rais yang masih asli juga tapi tempatnya di pedesaan, Coban Pelangi (udah jadi tempat wisata, tapi nggak serame coban Rondo), Coban Manten (katanya juga masih pristine dan masuk hutan lebih dalem lagi sekitar 5 kiloan), apa lagi ya… Berhubung kita kedapetan tugas di area Malang Utara, terpilihlah coban Jahe sebagai mangsa.
Kita satu kelompok LOT, Tika, Nina, Weni, Andri, aq, plus dua simpatisan (hehehe, peace) mbak Angel sama Ipunk bareng-bareng ngeroyok si coban.
Kesan pertama waktu berangkat :
“Coban Jahe, hummm, kenapa ya namanya Jahe, banyak jahenya paling, ato rasa airnya rasa Jahe, kalo nggak bentuknya kaya’ jahe raksasa, hahahaha….” (Geje -.-‘)
Lewat sawah-sawah juga ternyata. Salahnya waktu itu musim ujan dan sehari sebelom kita ke sana emang ujan. Jalannya nanjak, terjal, becek pula, tau sendiri jalanan daerah persawahan tuh berlumpur. Kalo nggak salah waktu itu yang paling depan Andri, trus Weni, Aq, Ipunk. Yang laen disuruh jalan aja soalnya nggak memungkinkan banget buat naikin motor sama boncengan. Sampe akhirnya, jalan setengah jam melewati lumpur, dua motor belakang diputuskan dititipin ke rumah terdekat (hampir 1 km dari tempat keputusan diambil). Jadi aq sama Ipunk nambah jalan balik 1 kilo plus nyusul anak-anak lagi 1 kilo. Hahah.. suka ketawa nggak jelas kalo inget.
Kalo nyritain kronologis perjalanan bakal lama, shortcut langsung aja. Intinya perjalanannya mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke Samudra… bersama teman bertualaaang.. Bina Hatori!!! Hohoho…



Satu kilo pertama, kita nyampe di makam pahlawan mini. Dikit soalnya, paling sekitar belasan makam di situ. Perjalanan setapak dilanjutin sampe satu kilometeran lagi. Seneeeeng banget waktu denger suara aer terjun, ahirnya penantianku usai sudah. Air terjunnya kaya’ di Coban-coban yang laen, tapi tebingnya keren. Kesan waktu nyampe di air terjun:
“Hwaaaaa keren, aernya nggak berasa jahe sih, bentuknya juga kaya’ aer terjun biasa. Apa gara-gara tebingnya ya yang warnanya coklat kaya’ jahe”.

Mungkin karena asli jadi malah keliatan bagus. Ada kaya’ gua gitu di tebing atas. Jadi kita kan dikelilingi tebing tinggi dan bercadas, di tebing sisi kanan kita (kirinya aer terjun) ada cekungan kaya’ gua tapi agak gedean. Nah ini yang horror. Tapi ntar aja crita horonya. Di aer terjun itu bener-bener cuman kita ber tujuh. Sepanjang jalan sebelomnya emang kita papasan sama orang bawa sabit dan umbi-umbian, tapi itu habis satu kilo pertama, deketnya makam Kali Jahe. Sejak papas an sama orang-orang setempat yang mungkin baru cari rumput itu mulai deh imajinasi-imajinasi liar, bikin nggak enak sendiri.
“Gimana kalo itu celurit kelempar ke kita bertujuh, trus nggak balik-balik deh. Dan kita jadi… huhuhu “(sumpah beneran sempet berimajinasi kaya’ gitu) Tapi menit berikutnya cepet-cepet cari pelega pikiran, “untung tadi motornya yang dua dititipin rumah orang, kaya’nya keluarganya tadi bersahaja gitu, dan kita kan udah pamit sama mereka, paling nggak kalo sampe besok motornya nggak diambil ada yang nyariin nyusul ke coban. Moga aja masih bisa dielamatkan.”, fiuh…. Agak legaan.
Pas liat aer terjun hilang sudah pikiran-pikiran jahat tentang pembunuhan ato celurit yang tiba-tiba melayang. TAPI, ganti kepikiran mistis things. “Gimana kalo ntar kita nggak bisa nemuin jalan pulang, trus terpaksa tidur di hutan situ. Malem-malem, gelap pula, hwaaaaaa horooooor… Ato kalo ntar pas pulang jumlahnya kita kurang satu, ato malah nambah satu tapi nggak ada yang nyadar sampe balik ke kampus” Huhuhuhuhu……
(Itulah teman-teman, salah satu korban kebanyakan nonton film misteri.)


Kita turun lembah kira-kira setelah sejam an kecipik kecipak sambil (pastinya) foto-foto. Perjalanan turun udah nggak sepanjang dan seberat waktu berangkat. Soalnya jalannya udah agak kering, dan waktu berangkat kan nanjak, nah pulangnya turun, jadi lebih enteng bawa motornya. (thanks ya Andri sama Ipunk yang bawain motor, hehehe). Setelah ngelewatin makam, berarti kan udah hampir deket tuh (walo masih satu kilometer lagi, paling nggak udah lebih dari setengah perjalanan) Tika yang kalo nggak salah waktu itu jalannya di belakang sama aq nanya “Eh, kamu tadi liat nggak ada orang di tebing yang cekung itu?”.
“Hah, nggak i Tik, cewe apa cowo? Orang desa kali,” aq yang takut-takut doyan something superstitious gitu sebenernya berharap nemu kejadian mistis, tapi menepis kemungkinan-kemungkinan yang iya-iya. Serem euy. Katanya Tika lagi “Cewe sih, kaya’ seumuran kita gitu, rambutnya panjang”.
Aku yang sumpah deg-deg an cuma bilang “masa sih”, dan Tika kaya’nya nggak pengen nambah suasana jadi horror bilang “apa cuma perasaanku aja ya”.
Ahirnya papasan sama manusia-manusia pas nyampe di daerah persawahan berlumpur tadi. Bapak-bapak sama ibu-ibu yang lagi naikin panenan ke mobil pick up. Weny, Mbak Njel, Ipunk yang jalannya udah duluan nimbrung sama orang-orang setempat itu buat wawancara berkedok nanya-nanya sebagai turis lokal. Nina masih agak belakangan deket aq sama Tika. Nah Andri ini yang ilang. Sejauh mata memandang ke belakang, kita nggak ngeliat Andri ato sekedar ban depan motornya.
“Tuh kaaaaaan!!!!”

Ahirnya Tika sama aq balik nyusulin Andri dan yang laen lanjutin wawancaranya. Coba ada sinyal langsung ditelp aja, masalahnya nggak satu pun dari kita yang hapenya kecipratan sinyal.
Syukur banget ternyata motornya Andri nongkrong di depan makam. Nah Andrinya??? Tenang sodara, dia lagi ngobrol sama Bapak-bapak di gubuk kecil di atas makam. Katanya sih Bapak yang lagi berdiam di gubuk itu lagi bertapa (nyepi, tapi masih makan sama minum).
Seudah semuanya ngumpul dan motor diambil, kita meluncur balik ke Malang, mampir di warung bakso deket pasar tumpang. Di situ kita crita-crita hasil anak-anak wawancara orang-orang desa sama Andri yang ngobras (ngobrol nggak jelas) sama bapak pertapaan. Di situ juga mbak Angel bilang kalo dia tadi liat orang di cekungan tebing yang mirip gua, cewe sama cowo, ngeliatin kita. Pas banget sama critanya Tika, cewe rambutnya panjang, cuman ngintip dan ngeliatin aja. Ow My God! (Serem serem excited)
Nah berdasarkan wawancara, ternyata coban Jahe itu bukan dari kata “Jahe” si anggota polo pendem alias tanaman obat, tapi dari kata dalam bahasa Jawa “pejahe” yang artinya mati. Konon daerah situ dulu tempat bertempurnya tentara Nusantara sama pasukan Jepang di jaman kemerdekaan. Banyak prajurit yang gugur di situ, dan makam Kali Jahe adalah makam beberapa prajurit yang kemudian dijadikan makam pahlawan. Mitosnya, di atas aer terjun ada tempat pertapaan mistis. Jadi kalo kita lewat jalan setapak laen yang menuju lereng berujung di atasnya aer terjun, di situ ada tebing lagi. Di tembok tebing ada cekungan juga. Konon tempat orang bertapa. Cekungan itu kalo diliat dari jauh kaya’nya besar dan emang muat orang duduk buat bertapa, tapi kalo dideketin dan dicoba, ternyata kecil dan nggak muat buat dimasukin orang. Sayangnya kita nggak sempet ke sana abis udah agak sore waktu kita wawancara, salah-salah nggak bisa balik beneran gara-gara kemaleman.
Ada untungnya juga sih wawancara waktu mau pulang, soalnya katanya setahunan sebelomnya ada sepasang cewe cowo maen ke situ, dan mereka ditemukan udah jadi jasad. Nggak jelas meninggalnya kenapa. Heuh… T.T Coba kalo nanya duluan pasti bakal lebih serem lagi waktu di air terjunnya.
“Mungkin kan emang tempatnya masih wingit, dan mereka aneh-aneh, jadi yang nunggu tempat itu marah”, asumsi warga sih gitu.

Yang jelas, capek, seru, tegang, horror, menyenangkan, hehehe…. Tapi malemnya inget gitu serem juga, nggak berani liat galeri di hape kalo malem2. Lagi, takut tiba-tiba ada gambar apa gitu di foto tebing 

Comments

  1. mbak2 yang cantik2 cerita anda tentang cobnjahe itu salah loksi n kalo cari informasi tanya warga asli soalnya orang yg tapa diatas pahlawan bukan penduduk asli begawan say bantu jelasin sedikitya airterjun yg andakunjungi nama aslinya coban inrokilo sedangkan lokasi coban jahenya terletak di aliran sungai yang di timurnya makam pahlawan dan nama pejahe yg andasebut itu benar tapi namatersebut tdakada hubunganya dg jpang soalnya sebelum jpang masuk itu udah namanya kali pejae sebenarnya disana banyak terdapat lokasi2 yg bernama jawa molai dari pedukuhan namanya begawan,sedangkan di utaranya t m p kalijae atau sebrang sungai ada tlaga namanya mentorogo adalagi diatasnya airterjun ada pertapan atau pusung buntung klo kurang jelas nanti tak anter kelokasi tersebut

    ReplyDelete
  2. wah anda kliru mbak2,,itu namanya bukan coban jahe,,tapi Coban Jahe Anget plus Susu jadi kalo kesitu dijamin anda2 gak akan kedinginan karena ada jahe anget plus susu sehingga nambah energi saat naik turun tebing kali jahe anget.

    ReplyDelete
  3. Wow, baru tahu kalo posting ini ada yang comment juga. Wah, trimakasih sekali sudah ditambahkan infonya anonim1. Sayang sekali nggak meninggalkan jejak comment, jadi kalau ada yang perlu info tentang coban ini mungkin bisa lebih membantu, hehe.

    Sebenernya waktu itu nanyanya juga ke penduduk sekitar lo, tapi mungkin bukan yang juru kunci ya. Sorada anonim juga akurasinya belum bisa diukur lo hehehe....


    Anonim 2 malah menuju ke setengah ngaco ini, wah. haha..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?