Berkat tugas “Literature and Oral Tradition” (PART 1)

Mata kuliah yang satu ini diajarin kalo mahasiswa Prodi Sastra Inggris (Sasing) Jurusan Bahasa dan Sastra Fakultas Ilmu Budaya UB ngambil konsentrasi Sastra di semester 6. Nah, ntar semester tujuh dapet LOT. Sebenernya kalo dari judul mata kuliahnya, kita bakal dapet pengetahuan tentang tradisi sastra lisan di Inggris (mereknya aja sastra Inggris). Tapi, (kata pak dosen dulu), berhubung observasi tradisi tu kudu langsung ke yang bersangkutan, alhasil kita ngadainnya observasi lokal, legenda, mitos, kisah, babat, ato apalah itu, pokoknya crita yang nggak ketahuan pengarangya siapa. Jadi minggu-minggu awal gitu kita rekreasi aja kerjaannya, sambil mendayung dapet ikan, untung2 dapet harta bajak laut.
Mungkin buat orang sekitar daerah yang kita observed, crita-crita, mitos, ato legendanya tempat itu udah nggak asing, tapi banyak juga yang nggak tau. Soalnya pas kita bawa ke diskusi kelas emang pada banyak yang ber “O...” dan “wah...” (polos banget mereka... :p)
Waktu itu kita kedapetan daerah Wendit sampe ke Malang Utara. Lumayan banyak mitos sama legendanya, dari sendang kawidodaren sampe jembatan putus cita di Wendit , makam ki Ageng Grebeg (konon moyangnya Ananda Micola )yang dijagain kuda putih, makam kyai sapa gitu lupa (maaf pak kyai, sumpah lupa) di belakangnya wendit water park yang ada stupa bertuahnya, sama pertapaan di Coban Jahe.
Seru euy, horor juga sih. Hiiiy, sumpah horor. Ngetik tulisan ini aja sebenernya mulai pas di Malang pengennya, tapi baru diketik pas di rumah (Sampang). Tiap mau ngetik, otomatis kan inget tuh, langsung nggak enak ati, hadeeeh, payah emang. Untung gak punya minat dan niat jadi penulis cerita misteri. Dari tugas mata kuliah LOT ini dapet banyak pengalamah seru, sampe ada yang kebawa ngimpi dua hari berturut-turut. Kalo nggak salah waktu itu ngimpinya kerajaan-kerajaan gitu lah. Jadi itu ngimpi hasil kolaborasi legenda yang didapet sama film-film kolosal a la Kamandanu cs.

Comments

  1. Linguiiisticcc pokokee!!!
    wong bengi2 arep pipis ae gak wani ndadak aneh2!
    wis tak follow blogmu

    ReplyDelete
  2. hahahahaha, opo sih, nggak trimoan iki. Sastra, horeeee!!! tapi kan seru :p
    Sumpah seru Bie, ngrjain tugas e dolan2, hohoho

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?