Kursus Online Bersertifikat

Kemajuan teknologi memang warbiasyak ya.. Semakin hari hidup manusia semakin dipermudah dan ditelanjangi oleh kemajuan teknologi. Dipermudah karena alat elektronik sekarang dan fasilitas yang ditawarkan kini semakin mempertipis jarak dan ruang, yang jauh jadi dekat, forum diskusi bisa diselenggarakan dengan mudah, silaturahmi bisa lebih lancar, akses ke berbagai informasi juga sangat cepat. Ditelanjangi karena kebanyakan orang akan kelihatan sifatnya hanya dari membaca sosmednya saja, If you know what I mean. 

Tentang manfaat kemajuan teknologi tadi, salah satunya adalah banyaknya kursus online bersertifikat. Ini bermanfaat sekali lo, khususnya bagi yang tinggal di kota atau daerah yang tidak memiliki akses ke kursus tertentu, atau bagi orang yang ingin memperdalam ilmu tapi yang dicarinya bersumber di kota yang jauh, bahkan negara yang jauh. Tinggal duduk, internetan, ikuti instruksinya yang biasanya dengan video tutorial atau perkuliahan, dan beberapa tugas serta bacaan yang harus diselesaikan, dapet ilmu deh, dapet sertifikat pula. Lumayan hemat biaya transportasi. Hhohoho...

Bagi kalian yang belum familiar dengan kursus seperti ini, silakan saja membuktikan dan dicoba sendiri dengan kata kunci kursus .... (isi apa yang ingin dipelajari, memasak, bahasa, ketrampilan) online.

Kalo yang diselenggarakan oleh Amerika, banyak orang yang sudah familiar dengan MOOC (Massive Open Online Course). Salah satu laman yang menyediakan MOOC dari beberapa displin dan saya sudah pernah ikuti adalah Coursera.

Laman tersebut memberikan dua pilihan bagi orang-orang yang tertarik mempelajari topik tetentu, dari humaniora hingga ilmu eksak seperti matematika. Pertama adalah yang berbayar. Di sini perserta memiliki hak "lebih" dalam berpartisipasi dan akan mendapatkan sertifikat. Dengan hak lebih maksudnya adalah akses ke pengumpulan tugas untuk direview dan memperoleh nilai serta feedback. Kedua adalah yang gratisan, yappp... seperti yang saya ikuti, heheh... Di tipe gratisan ini kita tetap bisa mengakses semua video, bacaan, dan forum diskusi. Hanya saja ada beberapa tugas di akhir tiap perkuliahan (begitu mereka menyebutnya) yang kita tidak bisa submit dan nggak tau apakah pendapat kita sudah benar atau belum. Tapi tanpa memeperoleh score dan feedback pun kita tetap bisa tahu apakah kira-kira pendapat kita benar atau tidak dengan aktif di forum diskusi.

Menurut saya laman ini sangat bagus, selain kita bisa nebeng cari ilmu gratisan, kita juga bisa mempersiapkan diri kalau sewaktu-waktu perlu sertifikat untuk topik tertentu yang akan bisa menunjang karir, maybe... Karena tugas-tugas yang diberikan bisa dilihat siapa saja, hanya pengumpulannya yang tidak bisa diikuti semua orang. Icon "submit"nya itu loh yang nggak nyala kalo kita bukan peserta berbayar.

Silakan saja coba mengunjungi lamannya, siapa tahu kalian akan nemuin ilmu menarik yang bisa dipelajari.


Comments

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?