Beasiswa Unggulan

Bulan April lalu, setelah dapet info dari seorang temen yang saya tumpangin kost nya waktu main ke Yogya tentang Beasiswa Unggulan yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti, saya nyoba daftar. Sejarahnya agak panjang, tapi singkatnya beasiswa itu juga diselenggarakan oleh UGM, universitas yang saya kebelet banget jadi mahasiswanya. Sebelum dapet info dari temen, mas sepupu saya juga memberi info tentang beasiswa ini, tapi sepertinya beda karna web yang di infokan teman saya beda. Baru-baru ini baru saya tahu kalau kakak sepupu waktu itu memberikan alamat beasiswa unggulan untuk program on-going (yang sudah di tengah-tengah studi s2) sedangkan teman saya untuk BU awal. Awalnya saya ngerasa ragu karna simpang siurnya berita tentang BU ini. Ada yang bilang BU hanya untuk dosen kontrak, atau setidaknya sedang magang sebagai dosen atau asisten dosen. Ada yang bilang harus punya ikatan dengan Universitas yang mau menerima ketika lulus nanti, ada yang bilang pelamar umum bisa masuk asal mau ditempatkan oleh Dikti nantinya ngajar di mana. Dan akhirnya setelah mencari info ke teman yang temannya grantee BU tahun lalu, walaupun nggak kenal saya sksd saja nanya segala macem. Well, sepertinya SKSD sudah menjadi keahlian saya sejak lama, jadi nggak masalah juga tanya-tanya ke temennya temennya temen, hahah. Jauh ya hubungan kerabatnya. It doesn't matter anyway, asal nggak ngeyel dan nggak mengganggu.. ya kan?! Dijawab syukur, nggak ya sudah, sombong amat, cari yang laen aja. Tapi nggak kok, so far semua temennya temen yang jadi grantee BU tahun lalu baik dan welcome. Thanks mas fawaiq dan terutama Ayu (keduanya nggak tau orangnya yang mana, tapi udah sms-an aja)
Prosesnya cukup simpel ternyata, cuman mungkin awalnya agak bikin bingung juga. Saya sendiri sempet bingung karna nggak ada yang bisa ditanyain. Ada nomor yang tertera di web nya, tapi tiap kali saya telepon nggak pernah ada yang angkat. Yang jelas, awalnya pendaftar harus mendaftarkan diri secara online di website BU (beasiswa.dikti.go.id/bu). Di halaman itu juga dulu awalnya saya download buku panduan lengkapnya. Lalu berkas yang di print dari halaman BU tadi disertakan di berkas untuk mendaftar s2 di perguruan tinggi yang bersangkutan. Dalam tahap ini sudah nggak ribet. Trus tes masuk s2, pengumuman deh. Tapi pengumuman lolos sebagai mahasiswa s2 di perguruan tinggi yang dituju keluar duluan. Dan pengumuman penerima BU yang ngeluarin dikti, jadi kalaupun sudah diterima di UGM, misalnya, belum tentu dapet BU nya. deg-deg an. Itu yang terjadi pada saya kemarin. Sampe pada jadwal registrasi saya di UGM tanggal 7 Agustus lalu, pengumuman penetapan penerima BU belum keluar. Setelah pulang pun saya masih setia menjenguk web um.ugm.ac.id buat ngeliat sudah ada pengumuman atau belum. Dan besoknya, tanggal 9, waktu di Primagama English sambil ngobrol sama temen saya buka web ugm lagi sambil lalu, seperti biasa. Jantung ini rasanya tambah kenceng aja dag dig dug nya saat mata saya tertuju pada portal UGM yang bertuliskan "Pengumuman Penerima Beasiswa Unggulan Dikti Tahun Anggaran 2012". Sumpah, liat tulisan itu aja udah lemes rasanya. Bayangkan setelah nunggu berhari-hari, setelah biasanya tiap kali buka web yang ditunggu-tunggu nggak muncul, dan ketika nggak terlalu berharap, tiba-tiba dia ada. Hemmm...
Tangan ini sampe adem anyep pas nunggu pengumuman didownload. Duh, bolak balik menghela nafas dan nyebut "ya Allah...". Sampe temen tanya, "kenapa to miss", dan saya hanya tertawa. Sebenernya temen-temen di Primagama tahu kalau saya daftar beasiswa, tapi memang nggak berani bilang kalo yang sedang saya download adalah pengumuman BU. Dan Ya Allah.... sumpah, jiantungan pas buka PDF nya. Tangan tuh rasanya gatel-gatel lemes gimana gitu. Sampe tibalah ke inisial S di deretan nama itu. Hati nih sudah nyiapin kemungkinan yang diinginkan maupun yang nggak. Tapi betapa nggak terungkapkannya rasa syukur ini ketika ada nama saya di sana. Hwaaah, pengen teriak aja, pengen ketawa aja, tapi isin, hehe... Pasca pengumuman itu, pastinya langsung ngabarin orangtua dan teman-teman yang sudah mendukung, direpotkan dengan pertanyaan-pertanyaan, dan yang ikut doain. You guys don't know how grateful I am. Responnya macem-macem, selain ikutan ngucapin syukur tentunya. Tapi yang paling bikin "Deg", hemmmm... gimana ya.. terharu mungkin, atau ngerasa kena banget itu waktu Kuncis, teman yang kasi info Bu, sms. Jelas di sini Kuncis berjasa banget, dia yang pertama kali support dan yang kasi info alamat buku panduan BU ini,
waktu itu saya sms dia karna memang ngerasa berterimakasih banget. Coba waktu itu Kuncis (Sisca nama aslinya) nggak kasi kabar, entah jadi grantee BU atau nggak, who knows. Dan dia balesnya "Wah, berlebihan bina.. Aq kan cm ngasi tau aja.. Selbihnya itu usaha km dan memang layak buat dpt BU.. hehe :)". Kalimat yang simpel, tapi sungguh maknanya kerasa beda. Jadi ngerasa bener-bener dihargai karna usaha kita, kerja kita, bukan semata keberuntungan, atau kebetulan dapet. Beda kan sense nya sama "wah... kamu beruntung banget".. ato "wah... enaknya...". However, perjuangan baru akan dimulai nih. Terimakasih buat semuanya, semua yang saya sayangi yang jadi motivasi untuk terus mencoba seberapapun peluangnya, dan semua yang mendukung dan mendoakan. ^^

Comments

  1. wih, keren.. selamat yo! gratis berarti ngono iku kuliah e?

    ReplyDelete
  2. iyo bieee, alhamdulillah :D hehe

    ReplyDelete
  3. Misi mbak boleh SKSD juga ga hehehe, aku rinaldi kebetulan nyasar ke blog mbak pngen nyari info BU, saya ingin aplly beasiswa ini ke UGM, kalau boleh tau tes nya apa aj ya selain administrasi, PAPS ataupun acept? Terimakasih mbak :)

    ReplyDelete
  4. waaaaah, sya baru bacaaa. Duh maaf ya.. uda setaun nih. Sudah jadi mahasiswa UGM yaaa :D?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?