Salut Buat Guru Inklusi

Dobel salut pangkat tiga buat guru inklusi. Hmmm… aku baru tahu istilah pendidikan inklusi setahunan ini, dari bude, juga dari 3 kakak sepupu yang kuliah di jurusan Pendidikan Luar Biasa. Jadi pendidikan inklusi itu sebutan buat lembaga pendidikan yang di dalemnya anak normal digabungin sama anak penyandang cacat. Misalnya. Smp 18. Sebenernya SMP 18 ni kaya’ SMP pada umumnya, tapi sjak dua tahunan (kalo nggak salah) ini juga nerima anak tuna grahita ato autis. Nah, dalam kegiatan sehari-harinya, mereka digabungin sama anak-anak laen di kelas biasa. Tapi mereka didampingin sama guru khusus yang bantu mereka ato ngawasin kalo ada apa-apa. Semacem baby sitter gitu kali ya.
Nah, kemaren pas crita-crita sama kak Nadia yang lagi PPL di YPAC di sebelahnya SMEA Arjuno Malang, jadi keinget lagi sama ini dan pengen ngebahas di “For Share”. Katanya deg-deg-an banget pas hari-hari awal ngajar. Emang sih di kampusnya udah pernah praktek ngajar. Tapi PPL ini beda, dia kan musti bener-bener ngajar, nggak Cuma 10 menit 15 menit, dan nggak berkelompok kaya yang (mungkin) dipraktekin pas kuliah. Dia musti ngajar sendiri, walo ada guru aslinya juga yang dampingin, tapi paling nggak dia pegang satu anak, sendiri. Nah, katanya paling susah kalo ngadepin anak tuna grahita (keterbelakangan mental ato retardasi mental) sama autis. “Tau-tau tereak-tereak sendiri kalo emosinya naik dikit, ntah seneng ato marah. Kemaren iku malah nggebrak meja sampe mejanya jatoh. Sampek deg-deg an aku,” katanya.
Kalo nggak liat sendiri, mungkin aku nggak bakalan sengerasa salut ini sama mereka, hehehe ^^v. Salut pasti lah, tapi belom sampek yang dobel pangkat tiga gini :p
Semester kemaren aku sempet ngelesin anak kelas satu SD. Nah, yang nawarin ngelesin ini tadinya emang udah bilang kalo anaknya agak autis. The next day he called me, dia bilang anaknya nggak autis kok, kakaknya yang gitu. Hmmmh…. Awalnya nggak yakin juga mau diambil apa nggak, soalnya sempet nanya-nanya ke kak Salwa soal anak yang kurang beruntung ini, katanya emang susah ngajarnya. Tapi thanks banget juga buat Kak Salwa yang ngesupport banget waktu itu sampe ahirnya timbul niatan ngajar. Ngajar yang bener-bener pengen ngajar, bukan Cuma ngisi waktu, bukan cuma ngisi kantong. Ya setengahnya gara-gara penasaran juga sih, pengen nyoba-nyoba sumthin new, :d
Adek yang aku les ini kliatan normal sih pas pertama ketemu. Tapi waktu dia ngomong, keliatan kalo ada yang beda. Dia ngomongnya kaya’ agak susah gitu, kesendat-sendat dan musti napas pendek-pendek. Ngeliatnya nggak bisa fokus dan nggak bisa diem. Tapi, most of all, senyumnya…. Tulus banget. Jadi kadang kalo pas agak capek ato hampir give up gara-gara dia nggak fokus jadi ilang pas liat dia senyum. ^^
Nah, yang bikin aku tambah salut sama guru inklusi ini kakaknya zaky (adek lesku), Fikri. Cakep lo sebenernya. Hm… Tuhan emang selalu punya kuasa dan manusia cuma bisa berdo’a dan berusaha. Dari pertama ngelesin Zaki, aku nggak pernah ketemu Fikri, padahal kita sebelahan ruangannya. Jadi udah sering denger dia tau-tau tereak seneng, ketawa-ketawa ato kaya’ marah, tapi nggak pernah ketemu langsung. Sampe one day, aku dateng ngelesinnya telat setengah jam (udah confirm ke orangtuanya lo, beneran). Ini pertama kalinya ketemu Fikri, dan shocking banget. Jadi pas aku baruuuu aja nyampe di depan rumahnya, Fikri yang lagi di depan sama mamanya langsung nyanperin histeris. Kaya’ marah gitu, soalnya ekspresinya nggak ngisyaratin excitement ato apa. DIa tereak-tereak dan lari ke arahku, nyengkeram tangan sama megangin tasq dan bilang “hape.. hape… hapee..”
Ya Allah jan sumpah syook. Secara udah keburu-buru gara-gara telat, pas dateng langsung gitu, nyengkremnya lumayan kuat lagi. Ibunya langung ngejar dia dan mau misahin gitu, dan dia mberontak, kaya yang mau nangkep aq dan nggak mau lepas. . Zaky ngeliatin sambil diem aja. Deg-degan juga kali dia. Untung cepet-cept dibantuin sama mbak pendampingnya Fikri, jadi dia dibawa masuk. Habis itu, aku usahain nggak pernah telat lagi.
Hufh…. Pengalaman yang menyenangkan. Bener-bener ngingetin buat banyak-banyak syukur. Udah Alhamdulillah banget dikasi hidup yang kaya’ gini, tapi manusia banyak yang masih ngerasa kurang (termasuk aku sih, yang pengen cepet lulus, yang pengen ini yang pengen itu). Dalem ati waktu itu bilang, “Wih… subhanallah kakak-kakakku yang nantinya ngajar anak-anak kurang beruntung gini. Keren banget mereka tuh”.

Comments

  1. lek awkm g cocok ketoke...khusus orang2 sabar hehe...
    lek autis sakjane pinter kan?

    ReplyDelete
  2. salah biekun. Khusus orang-orang sabar dan telaten, hohoh. Jadi memang bukan saya sepertinya, opo maneh dirimu, :p

    Yep, autis sebenernya bisa nangkep dan mereka cenderung punya kelebihan sendiri yang, kalo emang bakatnya di situ, bisa keren banget kalo ditekunin. Tapi yo iku, kudu telaten mengarahkan dan sabar.

    Keren pokoke guru2ne

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?