Apa sih Nisfu Sya'ban

Thanks buanget buat para penemu teknologi yang udah bikin segalanya jadi mudah, termasuk cari info dengan hanya masukin beberapa huruf ato kata.

Nisfu Sya'ban.
Udah kenal sama kata ini lumayan lama sih, dari umur berapa ya, lupa. Kelas satu SD kali ya. Yang jelas, waktu kecil di suatu malam deket-deket mau bulan puasa, ibu' sering ngaji2 gitu habis sholat magrib. Tapi yang ini beda. Ngaji yang ini yang aq paling suka. Jadi habis denger adzan magrib langsung ke mushola sama bawa segelas aer putih. Pas habis ngaji biasanya aq dipanggil trus disuruh minum aernya yang udah ditiup tiup sama ibu'. Katanya biar bina tambah pinter.

Beberapa taon kemudian, pas udah agak gedean, udah ngerti kalo hal di atas gitu dilakuinnya tanggal 15 bulan sya'ban, alias 15 hari sebelom bulan Ramadhan. Yang ini udah kemajuan, nggak minum aer yang ditiupin ibu', tapi bawa aer sendiri. Udah tau juga kalo yang dibaca itu surat Yasin, dibaca 3x habis sholat magrib. Dan, kemajuan yang agak dasyat adalah baca Yasin sendiri (sok-sok an, padahal al Quran aja belom khatam).
Masih inget banget waktu pertama kali aq ikut-ikutan nglakuin amalan nisfu syaban. Ntah kelas berapa, yang jelas masih SD ingusan banget. Jadi bacanya masih lemot mot mot. Dasarnya adalah iku-ikutan, ngikutin aja duduk di samping ibu', bawa gelas diisi aer putih, rus baca Yasin. Padahal udah sengaja cepet-cepet sholat magrib biar keburu baca yasin, 3x euy. Tapi tetep aja nggak keburu, jadi pas adzan Isya', ibu' udah selesei baca dan udah ngabisin airnya (Core i7), aq masih dapet 1,5x (pentium 2).
Berhubung masih belajar (membahagiakan diri sendiri) jadi ya dilanjutin terus sampe 3x, menerobos isya menentang ngantuk, yang menurutq waktu itu lamaaaa banget. Habis selesei, berdoa sungguh sungguh pun dilakukan dengan penuh konsentrasi. Sesuai interupsi, isi do'anya tiga keinginanq waktu itu (hehehe). Berdoalah si ingusan Bina, mengucapkan 3 keinginan, niup-niupin aer, trus diminum.

Dari pengalaman pertama itu aq dapet pelajaran yang lumayan:
1. jangan suka bolos ngaji biar cepet lancar, jadi bisa keburu baca Yasin 3x antara magrib sama isya.
2. pikirindulu mateng mateng mau berdoa apa, soalnya dari pengalaman pertama tuh lama mikirnya. Nginget-inget dulu apa yang dipinginin, akhirnya kebanyakan dan bingung mana yang mau dieliminasi.
3. bawa aer di gelas yang kecil aja, ato kalo nggak gelas gede juga gak papa tapi nggak usah diisi penuh. Kembung euy gara-gara kebanyakan minum, soalnya ibu' punya sendiri, aq juga bawa sendiri, jadi musti bertanggungjawab dengan apa yang udah diambil dan dibawa -.-'

Sekarang, (sejak masuk kuliah sebenernya), insyaallah udah labih paham gimana sih sejarah dan makna nisfu sya'ban. Plus, amalan-amalan ibadah yang biasa dilakukan saat malam pertengahan bulan sya'ban ini.

Buah dari baca-baca artikel para umatnya gugle, nisfu artinya pertengahan. Jadi nisfu syaban = pertengahan bulan syaban, di mana catetan amalan kita (yang menurut crita harfiahnya ada di pundak kanan kiri) dibawa sama malaikat Roqib n Atid ke "atas" buat dituker sama yang baru. Hmmm, dongeng yang asik buat amel nih..
Ternyata banyak amalan-amalan yang biasa orang lakuin di malam nisfu sya'ban. Dan nggak cuma baca yasin aja, tapi puasa. Malah di salah satu hadist yang nemu di artikel ada yang bilang kalo salah satu sunahnya malem ini sholat 100 rakaat. Tapi shalat sunah 100 rakaat ini banyak yang nentang dan dibilang hadistnya lemah. Masuk akal sih, bukannya Islam adalah agama yang nggak memberatkan umatnya. Sholat fardhu aja dari 1000 rakaat (kalo nggak salah) didiskon jadi 5 waktu, 17 rakaat.

Kalo mau lebih lengkap lagi, baca langsung aja di sumber di bawah. Numpang share alamatnya ustad2 n blognya ustadzah, hehehe


http://www.pesantrenvirtual.com/index.php?option=com_content&task=view&id=925&Itemid=30
http://samanui.wordpress.com/2007/08/29/nikmatnya-nisfu-syaban/
http://www.ustsarwat.com/web/ust.php?id=1157471244

Comments

  1. waaaw,. saya harus masih banyak berbenah,..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulilah dengan membaca ini saya baru tahu bawa sesunguh alloh telah memberikan jalan terbaik pada hambanya amiin

    Kunjungi web kami di
    www.permataqadri.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?