Rindu Masjidil Haram

Setelah dikasi kesempatan Allah mengujungi rumahNya di Mekah sono, sekarang kalo liat masjidil haram, fotonya aja, rasanya kangeeen banget pengen ke sana lagi. So here I write to at least recalling the memories I've got there and remind me how great the very place is. Subhanallah.

Masjidil haram adalah masjid terbesar di dunia dan akan diberi syafaat oleh Allah paling banyak bagi siapa aja yang mendirikan sholat di sana, 10.000 syafaat dalam setiap rakaat. wow ya :D.
Keseluruhan Masjidil Haram. Gambarnya jadi kecil kalo mau kecaptured semua
Buat yang berlangganan tv kabel, biasanya ada channel mecca yang 24 sehari 7 hari seminggu nayangin kondisi di masjidil haram secara langsung. Dari tv itu bakal kelihatan gimana gedenya masjid dan betapa banyaknya orang yang berlalu lalang di sana. Nggak ada matinya sama sekali. Mau ke mesjid siang hari pas panas-panasnya, atau tengah malem, atau pagi buta sebelum subuh pun tetep aja rame. Mungkin karena sebelum sampai sudah sering baca tentang kemegahan Masjidil Haram dan Ka'bah, juga suka liat channel yang disebut tadi, pas di sana berasanya nggak segede yang dibayangin. Nggak kerasa kali ya, soalya saking banyaknya orang dan nggak berasa di masjid, karna masjid Indonesia ruangan semua sementara di masjidil haram ruangannya melingkar dan kaya pager aja gitu, padahal itu sudah masjidnya.
Sekarang, justru ketika udah di tanah air, pas lihat gambar masjidil Haram di Mekah atau masjid Nabawi di Madinah rasanya campur aduk, inget waktu di sana ngeliat langsung mukjizat Allah, nyentuh langsung ka'bah yang wangi minyak kasturinya tajem, dan di antara orang-orang dari seluruh penjuru dunia yang semuanya mengagungkan Baitullah.. Subhanallah...
Banyak banget hal berkesan di Masjidil Haram, mulai dari desek-desekan pengen nyium Hajar Aswad taunya salah pojokan, ngobrol sama orang India yang ramaah banget tapi karna nggak tau bahasanya jadi ngmongnya ngaco sama ketawa-ketawa sendiri bareng ibu :D (and I'll talk about it later).

Here are places that remind me so deep about the great Mosque.

Gerbang Utama Masjidil Haram, disebut juga Gate King Abdul Aziz, atau Gate no.1
Gate no. 1 / Gate King Abdul Aziz, tiga pintu masuk besar di kanan
Gerbang no.1 yang tiangnya paling gede (dari luar), lurus sama zam-zam tower yang ada jam gede kaya Big Ben di Inggris. Selama tiga hari di Mekah alhamdulillah nggak pernah nyasar, cuman memang agak sulit kalo habis tawaf muter Ka'bah nyari gerbang ini karna dari dalem semua pintu ukurannya sama. Tapi nggak usah khawatir karna ada tulisan yang nggk terlalu besar tapi kelihatan, bunyinya to Gate no.1 (kalo nggak salah, hehe). Biasanya para jamaah pake gerbang ini buat menandai ke mana arah pulang ke hotel. Banyak kejadian jamaah ilang soalnya.

Then, Multazam.

Multazam adalah salah satu tempat mustajab untuk berdo'a, yaitu antara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah. Itu lo, pojok kiri yang ada cekungan putih tempatnya Hajar Aswad sampe pintu emas. Yupp, tempat laskar berdiri. Enak ya laskarnya jagain sambil berdoa terus di tempat mustajab. Nggak heran kalo tempat in nggak pernah sepi, kalaupun sepi paling sebaris aja orangnya, atau nggak ada orang sama sekali pas petugas masjid bersihin lantai alias ngepel, juga pas persiapan mau sholat wajib, area sekitar ka'bah ini dikosongkan buat tempat Imam sama ngrapiin shaf. Berdiri di multazam rasanya deket sama Allah, dan alhamdulillah waktu itu bisa berdiri di situ lama. Meskipun banyak orang di sekeliling tapi satu sama lain sibuk berdoa dan nggak saling ganggu (kecuali duduknya terlalu deket sama Hajar Aswad, bisa sampe kelempar-lempar). Pemandangan laki-laki perempuan nangis sesenggukan di Multazam adalah sangat wajar, karna rasanya subhanallah banget ketika kita berada di tempat yang sama di mana dulu nabi Ibrahim tinggal dan di mana nabi Muhammad S.A.W lewat-lewat, and those all were real. Oiya, yang dimaksud multazam nggak harus mepet ke temboknya, lurusnya pun juga, cuman semakin deket Ka'bah rasanya semakin wow, hehe..

Then, Hijr Ismail.

Hijr Ismail adalah area setengah lingkaran yang lagi dibersihin
Hijr Ismail atau kamar nabi Ismail masih termasuk Ka'bah. Dulu siti Aisyah pernah bilang ke Rasulullah pengen sholat di dalam Ka'bah dan akhirnya disuruh shalat di Hijr Ismail karena masih termasuk dalamnya Ka'bah. Tawaf pun (mengelilingi Ka'bah 7 kali) nggak sah kalo lewat dalemnya Hijr Ismail karena belum bisa dibilang mengelilingi seluruh Ka'bah. Biasanya orang-orang shalat sunah di situ trus berdoa. Hijr Ismail dan tempat di bawah talang mas (talang berwarna emas di bagian atas Ka'bah lurus tengah lingkaran) adalah juga tempat mustajabah di Masjidil Haram. Di foto itu lagi dibersihin, makanya nggak ada orang. Asliya...

Hijr Ismail juga selalu penuh orang
Setelah petugas bersih-bersih pergi, Hijr Ismail kembali diserbu orang-orang yang mau berdoa dan shalat sunah. Karna rame banget, shalat di Hijr Ismail sulit sekali. Kadang mau sujud harus nunggu orang lewat dulu. Ada yang sampe dilangkahin pas sujud, atau sujudnya cuman membungkuk karna tempat sujudnya dipake duduk orang. Tapi biasanya orang-orang malah ngasi tempat kalo tau ada orang yang lagi shalat, atau namaz (bahasa orang Asia barat untuk Shalat). Basically, kalo ada orang yang lagi shalat pada ngertiin, tapi karna memang padet banget, mau nggak mau harus jalan di depan orang shalat atau terpaksa berdiri tepat di atas kepala orang yg lagi sujud. Kamar nabi Ismail... di tempat di mana nabi Ismail alaihissalam pernah tinggal. Subhanallah.


Comments

  1. subhanallah yaa,, waah baca tulisannya Bina bikin aq terharu. rasanya pengen cepat2 kesana juga..

    ReplyDelete
  2. hehehe... semoga segera kesana dan lancar ibadahnya di sana ya sayooong :*, aamiin

    ReplyDelete
  3. eeeh ada bapak baru nih, hehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?