Dari Kebiasaan Menjadi Kebutuhan

Masih inget nggak pelajaran tentang kebutuhan manusia di IPS SD. Kebutuhan manusia pada dasarnya cuma dibagi tiga, kebutuhan pokok alias kebutuhan primer yang jika tidak dipenuhi taruhannya nyawa, seperti makan, tempat tinggal, dan pakaian. Lalu kebutuhan tambahan alias kebutuhan sekunder, yaitu kebutuhan yang penting juga tapi tidak akan mempertaruhkan hidup kalaupun kebutuhan ini nggak terpenuhi, misalnya pendidikan. Terakhir kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan yang sifatnya seneng-senengan aja, rekreasi, buat refreshment, yang kalau nggak terpenuhi palingan orang bakalan stress, hehehe... Sekarang, sepertinya kebutuhan manusia semakin meluas, bahkan yang dulunya merupakan kebutuhan tersier sudah menjadi kebutuhan primer. Rasanya nggak pengen hidup aja kalo nggak ada benda ini. *lebay*. Pernah nggak kalian ngerasa blank, suntuk, atau kebingungan ketika hp mati, atau hp ketinggalan waktu udah nyampe sekolah atau kantor, sehariii aja. Pernah nggak waktu laptop rusak ngerasa kehilangan dan jadi begitu merasakan pentingnya laptop, oh lepi... dunia tanpamu bagaikan sayur tanpa garam. That's what exactly the title means. Kebiasaan dalam hal ini adalah kebiasaan kita pegang gadget kesayangan. Kalau dikerucutkan berdasarkan pengalaman saya dan yang bikin saya pengen nulis ini adalah Blackberry.
Benda ini yang paling setia menemani saya setiap hari, dari mulai bangun tidur, kerja, nonton tv, nonton bioskop, belanja, sampe tidur lagi, dia ngak pernah jauh, setidaknya sampe radius 5 meter. Memang bukan berarti setiap saat saya pegang BB, dan saya bukan termasuk BB addict yang kerjaannya tiap menit tiap detik liatin BB ato BBM-an sampe kaya autis aja. Nehi nehi. Tapi, nggak bisa dipungkiri kalau benda ini bener-bener memperkecil jarak dengan orang-orang yang sangat jauh. Teman-teman sesama pengguna BB lebih tepatnya. Apalagi buat yang LDR, BB sungguh membantu saudara-saudara :D. Dulu sebelum punya BB, saya nggak tertarik sama sekali dengan gadet pinter yang satu ini. Selain karna mahal, kalau ngeliat efeknya (temen-temen yang sudah pake BB), mereka jadi lebih "ngeh" ke BB daripada ke orang yang jelas-jelas sedang berkomunikasi di depannya. Paket BB juga dulu kan mahal buat kantong mahasiswa. well, mahasiswa seperi saya :D. Sampe pas saya ulangtahun februari lalu, tau-tau ayah saya ngasi benda ini. Hemm... bohong kalo saya bilang nggak suka, hahah... tapi berasa lucu juga. Dulu waktu ditanya "bin, nggak pengen BB ta?", saya selalu jawab, "nggak ah, males, boros". Tapi kalo dikasi ya nggak nolak, hehehe. Sekarang kalo ngehubungin temen memang lebih enak pake BB, karna nggak pake pulsa tambahan, plus lebih cepet dibales. Hemm... gimana ya. Ntah kenapa rasanya ketika kita ngobrol di BB kaya ngobrol biasa aja. Padahal kan esensinya dia mengirimkan pesan teks kaya sms gitu ya, tapi lebih berasa ngobrol kalau pake BB. Dan sekarang, rasanya nggak enak ketika paket BB habis dan nggak aktif seharii aja. Jadi saya rasa, kebutuhan itu berawal dari hal yang biasa kita lakukan. What do you think?

Comments

  1. BB fiture biasa, mahal, eroran. Lebih sip android. Tapi kepekso pake bb (memelihara bb + android.. anggaran internet jebol). BTW ak y nulis tentang ikiii... kedhisikan.. kupret

    ReplyDelete
  2. hahahaha.. kapok, makane to jangan terlalu anti terhadap sesuatu, kualat kan ahir e. Biyen anti facebuk ahir e dibikinin, saiki anti bb ahir e kudu nggawe juga, wakakakakakapoook :P

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?