Mengajar Itu Ngangenin

Lama nggak ngeblog dan lama nggak ngajar, hemmm.... kesibukan pra dan pasca wisuda lah, applying sini dan sana, tes sini dan sana yang berahir dengan duduk di depan lepi hari ini dan pada saat ini, mengenang masa lalu :)

Dari awal kuliah, memang orientasi masa depan adalah mengajar di universitas. beberapa waktu lalu ketika masih ngerjain skripsi dan ambil kerja part time di salah satu bimbingan belajar bahasa inggris di Malang, saya mengajar beberapa kelas yang kesemuanya anak SD. Butuh kesabaran dan tenaga beneran dah, apalagi di kelas kecil (murid-muridnya kelas 1 atau 2 SD) yang anak-anaknya aktif. Fiuh... (inget mereka langsung bikin senyum). Well, basically semua kelas yang saya ajar alhamdulillah anak-anaknya aktif semua, baik dalam hal akademik maupun motorik. Masih inget banget kelas-kelas rame, seru, dan nggemesin itu.

Kelas pertama yang saya pegang, kelas Dira (nama kelas diambil dari salah satu muridnya yg jadi captain of the class). Isinya 9 (berubah2 sih, tapi sekitar ini) anak kelas 1 dan 2 yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya. Sumpah lucuuuuu banget, apalagi kalo lagi berceloteh. Beberapa hari yang lalu gara-gara ketemu Ahmad (salah satu anak kelas Dira) jadi kangen sama mereka semua. ^^.
Ini kelas yang pernah bikin gara-gara di i-tutor, hahah, Termasuk saya sih. As I've said, anak kelas ini aktif banget motoriknya, apalagi yang cowok2. Cuma dua sih, Ahmad sama Jaya, tapi mobilitasnya tinggi. Makanya biasanya kalo udah di kelas, pintu dikunci dari dalem dan kunci saya bawa. Pas hari itu kunci lupa diambil, jadi Ahmad yang lagi bosen bilang pegen ke kamar mandi, dan pas dia udah balik, nggak langsung duduk tapi mainan pintu. Nah,tiba-tiba ada yang janggal. Dia tau-tau nyembunyiin sesuatu di balik karpet sebelum kemudian balik ke tempat duduknya. Awalnya saya pikir bungkus permen ato kertas yang dia lempar-lempar. Tahulah saya waktu mau ngambil spidol di ruangan bawah (kelas ada di lantai 2) kalo yang disembunyiin Ahmad di balik karpet tadi tuh kunci pintu. Semakin shock karna tahu bahwa yang ada di balik karpet bukan sebuah kunci tapi secuil patahan kunci. Yep! Kuncinya PATAH! dan separuh patahannya ketinggalan di dalem lubang kuncinya.
Kaget dikit sih, waktu itu langsung mikirnya kalo patahan kunci ketinggalan di dalem berarti dari luar pun nggak bisa dibuka karna pasti ketahan patahan kunci yang masih nyangkut di dalem.
Lima menit berikutnya agak lega habis trima sms dari Miss Nisa di bawah yang isinya "wkwkwkwkwk tenang miss, bala bantuan segera datang". Bukan khawatir tapi malah lucu denger celoteh heboh anak-anak yang mikirnya udah ke mana-mana, si Dhea bilang
"Gimana kalo nanti nggak bisa keluar, harus nginep sini sampe besok",
si Eha bilang
"Haduh nanti kalo kehabisan oksigen gimana Miiiss... "
si Jaya bilang
"kaya' di film-film ya, kekunci di lift-lift"
Anak-anak bener-benr amazing kan :D


Kelas ke dua, matematika kelas 4, isinya 2 anak kelas 4 SD plus satu lagi yang should have been in secondary school but has to take home schooling because she lacks of motoric ability. Cewe semua sih, tapi yang dua ini, mungkin karna mereka sekelas di sekolah dan klop banget ramenya, susah buat serius apalagi konsentrasi. Jadi tiap pertemuan harus bikin metode baru yang bikin mereka fokus, ntah game matematika (hand made, soalnya nggak berpengalaman dan nggak berpengetahuan dalam hal ini sebelumnya), ato soal-soal cerita yang dimasukin pp bergambar, juga maen kuis-kuisan. Sebenernya kalo salah satu dari dua anak ini absen, mereka bisa fokus dan cepet nangkep, tapi yah ... begitulah. Jujur, lama-lama kuwalahan, hehehe...

Kelas ke tiga, Haidar, isinya 6 anak kelas 3,4,5 SD. Kelas yang aman dan nyaman, anaknya pada semangat belajar, pinter-pinter pula, dan aktif. Teacher laen yang pernah gantiin waktu saya ijin aja bilang this is angels' class, hihi... these are those angels :)


Foto ini diambilnya di pertemuan terahirku sama mereka. Pas komplit juga anak-anaknya. Dari kiri yang paling gendut rizal, ramdlon, bagus, rara, f.ti, miss Rani,Icha, Amalia, miss shabrina, thoriq, haidar.

Kelas ke empat, kelasnya Iqbal. This is another cute class of 1st and 2nd graded students. Isinya lima anak, dan nambah jadi 7 anak. Awalnya pada pendiem semua, baru pertemuan ke 3 mulai loncat sini loncat sana, :D. Kangen sama Iqbal, si cute, murah senyum, nggak pernah marah, cedal imut, menggemaskan pokoknya.

Ada lagi kelasnya icha, another little class yang baru sekali ketemu dan keburu saya resign. Hemmh.... kangen ngajar, kangen anak-anaknya, dan kangen suasananya ^^

Comments

  1. kabeh imut kecuali miss bina..amit amit
    (nyolong-nyolong nang warnet pas diklat, hehe)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Chrysanthemum (Tea)

Rindu Itu Berat

What is Good Teacher?